Selasa, 20 Januari 2015

1.Dasar teori 


1.1 Pengertian Hotspot
 Hotspot adalah istilah bagi sebuah area dimana orang bisa mengakses internet, asal menggunakan laptop atau PDA dengan fitur WiFi (Wireless Fidelity) sehingga bisa berinternetan tanpa kabel.

Dengan Hotspot Anda bisa melakukan koneksi internet seperti browsing, chatting, cek email, transaksi bank dan download sambil menunggu seseorang, hangout, maupun saat bertemu dengan rekan bisnis Anda.
 

 Fungsi Hotspot dalam jaringan wireless adalah sebagai pusat pemancar/penerima jaringan LAN (Local Area Network) yang kemudian Hotspot tersebut biasanya terhubung ke Internet. Sehingga laptop/netbook yang berada pada area jangkauan Hotspot dan kemudian terhubung dengan jaringan hotspot itu maka biasanya akan bisa terhubung ke internet.

(dikutip dari http://referensiinternet.blogspot.com/2011/04/pengertian-hotspot.html)

1.2  Pengertian Wireless network
Wireless network atau jaringan tanpa kabel adalah salah satu jenis jaringan berdarsarkan media komunikasinya, yang memungkinkan perangkat-perangat didalamnya seperti komputer, hp, dll bisa saling berkomunikasi secara wireless/tanpa kabel. Wireless network umumnya diimplementasikan menggunakan komunikasi radio. Implementasi ini berada pada level lapisan fisik (pysical layer) dari OSI model.

Tipe-tipe Wireless Network :
Wireless PAN (WPAN)
    Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah jaringan wireless dengan jangkauan area yang kecil. Contohnya Bluetooth, Infrared, dan ZigBee.


Wireless LAN (WLAN) / Wifi
    Wireless Local Area Network (WLAN) atau biasa disebut Wifi memiliki jangkauan yang jauh lebih luas dibanding WPAN. Saat ini WLAN mengalami banyak peningkatan dari segi kecepatan dan luas cakupannya. Awalnya WLAN ditujukan untuk penggunaan perangkat jaringan lokal, namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.

    Wireless MAN (WMAN)
    Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) adalah jaringan wireless network yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN. Contoh teknologi WMAN adalah WiMAX.

    Wireless WAN (WWAN)
    Wireless Wide Area Network adalah jaringan wireless yang umumnya menjangkau area luas misalnya menghubungkan kantor pusat dan cabang antar provinsi.


1.3 Pengertian Cellular Network
 Cellular Network atau Mobile Network adalah jaringan radio terdistribusi yang melayani media komunikasi perangkat mobile seperti handphone, pager, dll. Contoh sistem dari Cellular Network ini adalah GSM, PCS, dan D-AMPS.

(dikutip dari https://thinkxfree.wordpress.com/2011/07/27/step-by-step-konfigurasi-mikrotik-hotspot-at-simple-mode/)

1.4 Topologi 


(dikutip dari imambukhariprd.blogspot.com)

2.Langkah-langkah pengerjaan :
1. lakukan konfigurasi sesuai topologi diatas,dan ikuti seperti gambar dibawah ini :

2.Konfigurasi interfaces yang kita  gunakan untuk konfigurasi hotspot.lalu Pilih nama interfaces hotspot yang telah kita siapkan nama interfacenya.Kemudian pada percobaan ini nama nya adalah TET A. Kemudian next

3.Selanjutnya pada Local Address of Network kita pilih 192.168.50.1/24 dan Pada checkmarknya pilih  Masquerade Network lalu kita klik Next.

4. Kemudian next. Gunakan default yang telah disediakan saja pada IP address pool.:

5.Selanjutnya pada select certitificate akses SSL tentukan certitificate, klik next.

6.SMPT server juga dilewatkan saja, kemudian next.

7.Selanjutnya masukkan  IP DNS-nya sesuai dengan yang kita inginkan seperti dibawah ini, lalu next

8.Selanjutnya pada DNS Name, klik next.
Selanjutnya akan muncul tampilan Setup has completed successfully. Klik OK

9.apabila sudah selesai maka akan muncul seperti gambar dibawah :

10.Selanjutnya pada  menu tab Server Profile dapat kita lakukan editing . Pada percobaan ini saya mengganti namanya menjadi TET-A Profile


11.Kemudian  Pada user profile kita bisa mengkonfigurasi kecepatan yang akan digunakan oleh client jika menggunakan profile dan jumlah client yang dapat menggunakan profile tersebut.  Pada user-meka, jumlah user yang dapat terhubung adalah 2 dan batas kecepatannya adalah 128k


12.pada user-telkom  user hanya dapat menggunakan profile tersebut hanya 1 dan limit kecepatannya adalah 256k  Dan pada user-TET client hanya dapat terhubung adalah 1 pada waktu yang bersamaan dan limit kecepatannya adalah 1000k.

13.kemudian selanjutnya adalah membuat account user.dengan cara  Klik menu tab users dan kemudian  masukkan name dan passwor untuk user tersebut. Untuk user-meka, user-telkom dan user-TET,id dan passwordnya adalah admin dengan menggunakan server TET-A.

 


14.Kemudian ganti nama SSID sesuai keinginan anda. SSID tersebut adalah nama wifi yang akan terbaca pada client dengan cara wireles table>>wlan1>>klik>>pilih wireless.

15.Setelah itu aktifkan perangkat anda seperti PC atau smartphone anda yang bisa menggunakan wifi. Dan cari wifi yang sesuai nama SSID tadi, yaitu 'kelompok 5' kemudian connect -kan . Ketika membuka web browser, kita diminta untuk login dan memasukkan password yang telah kita buat tadi :



sekian dari penjelasan saya,

 semoga dapat bermanfaat


0 komentar:

Popular Posts